Nikmati Taman Labirin di Coban Rondo

Nikmati Taman Labirin di Coban Rondo - Coban Rondo, ada yang pernah dengar nama ini? sebuah kawasan wisata alam yang sangat indah berada di kawasan perbukitan khas Kota Wisata Batu. Secara teritorial daerah tempat wana wisata Coban Rondo ini masih masuk ke dalam area Kabupaten Malang (bagian barat).

Mungkin sahabat traveller baru tahu dengar nama ini, nah sebelum berbicara lebih lanjut mengenai Wisata Coban Rondo, ada baiknya silahkan simak dahulu artikel di bawah ini.

Mitos Air Terjun Coban Rondo

Kisah dibalik Air Terjun Coban Rondo, bermula dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi, sedangkan mempelai pria bernama Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro.

Setelah usia pernikahan mereka menginjak usia 36 hari atau disebut dengan Selapan (bahasa jawa). Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro, yang merupakan asal dari suami.

Namun orang tua Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena usia pernikahan mereka baru berusia 36 hari atau disebut Selapan. Namun kedua mempelai tersebut bersikeras pergi dengan resiko apapun yang terjadi di perjalanan. Ketika di tengah perjalanan keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono, yang tidak jelas asal-usulnya. Nampaknya Joko Lelono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati, dan berusaha merebutnya. Akibatnya perkelahian antara Joko Lelono dengan Raden Baron Kusumo tidak terhindarkan. Kepada para pembantunya atau disebut juga puno kawan yang menyertai kedua mempelai tersebut, Raden Baron Kusumo berpesan agar Dewi Anjarwati disembunyikan di suatu tempat yang terdapat di Coban atau air terjun. Perkelahian antara Raden Baron Kusumo dengan Joko Lelono berlangsung seru dan mereka berdua gugur. Akibatnya Dewi Anjarwati menjadi seorang janda yang dalam bahasa jawa disebut Rondo. Sejak saat itulah Coban atau air terjun tempat bersembunyi Dewi Anjarwati dikenal dengan COBAN RONDO. Konon batu besar di bawah air terjun merupakan tempat duduk sang putri yang merenungi nasibnya.





Coban, dalam bahasa Jawa artinya adalah air terjun, nah tau gak sih sahabat traveller jika di Kota Wisata Batu setidakya ada tiga air terjun yang cukup terkenal, selain air terjun Coban Rondo, masih ada dua lagi air terjun yang wajib di kunjungi yaitu Coban Talun dan juga Coban Rais, namun jika digabung dengan beberapa wilayah yang ada di Malang Raya masih ada tempat yang lainnya seperti Coban Pelangi, Coban Glotak dan air tejun yang lainnya. Memang air terjun di Kota Wisata Batu ini tidak seindah air terjun Niagara, namun jika melihat dan merasakan keindahan panorama khas daerah tersebut maka anda akan di bawa masuk jauh seperti sedang berada di daerah yang teramat asing bagi anda.

Air Terjun Coban Rondo, Alami, Sejuk, Menyenangkan, Air Terjun Coban Rondo memiliki ketinggian 84 meter dan berada di lokasi dengan ketinggian 1.135 meter dari permukaan laut. Suhu rata-rata disekitar Coban Rondo berkisar antara kurang lebih 22 derajat celcius. Nah sebagai informasi saja jika anda berkunjung ke Coban Rondo jangan lupa untuk mampir juga ke Kawasan Pasar Wisata Songgoriti, disana anda akan disajikan berbagai macam jajanan oleh-oleh khas Kota Wisata Batu.

Jarak dari kawasan wisata Coban Rondo ke Pasar Wisata Songgoriti tidak lebih dari 5 kilometer, Coban Rondo berada di desa Pandansari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Letak Coban Rondo berada dalam wilayah KPH Perum Perhutani Malang. Sedangkan Pasar Wisata Songgoriti terletak di desa Songgokerto Kota Wisata Batu.
Disekitar kawasan Coban Rondo ini Anda bisa menikmati wahana wisata lain seperti taman Labirin (harga tiket masuk Rp 7.500,-), Bersepeda Gunung (Rp 5.000), Berkuda (Rp 12.000,-), Kereta Kelinci (Rp 5.000,-), dll.

Bagi wisatawan yang datang dengan rombongan bisa memilih paket pilihan wisata dari mulai petik apel, sahabat peternak, outbound kid/care, outbound pelajar sampai dengan outbound 3 hari. Tentunya harga setiap kegiatan tersebut bervariasi dari mulai Rp 25.000,- sampai Rp 1.000.000,- per person.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Nikmati Taman Labirin di Coban Rondo"

Post a Comment