Kasembon Rafting

Kasembon Rafting - Kasembon Rafting terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kediri, tepatnya di Desa Bayem, Kecamatan Kasembon. Dari kota Malang, Kasembon Rafting berjarak sekitar 65 km atau sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Dibuka pada tanggal 9 Desember 2006 oleh Bupati Malang, Sujud Pribadi, obyek wisata ini memiliki pemandangan yang indah.

Kasembon Rafting

Lokasi Kasembon Rafting dikelilingi oleh pegunungan dan bukit, serta pemandangan alami persawahan di sisinya. Arus sungai di kawasan wisata arung jeram ini memiliki 5 kanal dengan ketinggian 2-3 meter dan tingkat kesulitan berkisar level 2-3. Terdapat sekitar 8 jeram, beberapa di antaranya dengan ketinggian hingga 4 meter sehingga cukup menantang para rafter. Menariknya, rafting di Kasembon ini tidak memandang musim, baik musim kemarau maupun hujan tetap bisa dilakukan. Pasalnya, air sungainya berasal dari Bendungan Mendalan. Besar kecilnya air bisa diatur sehingga memudahkan pilihan bagi rafter pemula atau profesional. Bagi pemula, luapan airnya bisa diturunkan sedangkan untuk profesional, airnya bisa dinaikkan sesuai keinginan. Rafting di Kasembon ini juga aman sebab tebingnya tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk pengarung pemula yang ingin merasakan derasnya aliran sungai tersebut.

Olahraga yang menguji adrenalin ini banyak ditawarkan para operator dengan berbagai paket standar hingga professional. Salah satu operator resmi yang mengelola Kasembon Rafting yaitu K-Land Adventure. Operator yang dalam pengelolaannya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Malang ini menawarkan beberapa pilihan paket rafting pada para pengunjung. Di antaranya adalah paket untuk keluarga atau Family Trip, paket yang disertai permainan atau games, dan lain-lain.

Harga satu paket wisata arung jeram untuk Family Trip adalah Rp 165.000 per orang dengan peserta minimal 5 orang. Harga paket Adventure Trip sebesar Rp 215.000 dengan peserta minimal 10 orang, dan paket Night Rafting sebesar Rp 200.000 dengan peserta minimal 5 orang. Sedangkan paket Natural Package dipatok Rp 225.000 per orang dengan peserta minimal 5 orang, dan paket Raft & Fun Games Rp. 225.000 per orang dengan peserta minimal 30 orang. Tersedia 28 perahu dengan berbagai ukuran. Satu perahu diisi 4 – 5 orang, tergantung kapasitas perahu.

Paket tersebut sudah termasuk pemandu rafting, regu penyelamat, shuttle service atau angkutan penjemputan dari tempat finish ke basecamp. Dengan paket wisata ini para wisatawan juga bisa mendapatkan fasilitas berupa snack, softdrink, makan siang prasmanan dengan menu pedesaan, dan asuransi. Para wisatawan bisa mengarungi Sungai Sumber Dandang yang berjarak sekitar 7,5 hingga 12,5 km tergantung paket yang dipilih dengan dengan waktu sekitar 2 jam. Jalur pengarungan di Kasembon Rafting melewati Desa Bayem, Bejirejo, Sepudak dan berakhir di Desa Mangir yang masih berada dalam wilayah Kecamatan Kasembon.

Sebelum mengarung di Sungai Sumber Dandang, para rafter atau pengunjung akan mendapatkan pembekalan terlebih dahulu dari guide yang akan mendampinginya. Misalnya bagaimana cara mendayung dengan benar, atau arahan serta instruksi yang harus dipatuhi para rafter. Setiap peserta rafting yang berarung jeram juga akan dilengkapi dengan peralatan standart rafting seperti baju, helm, pelampung, dan dayung. Saat mulai berarung jeram dari start point yang berada di tengah sawah, adrenalin Anda mulai ditantang untuk menaklukkan Sungai Sumber Dandang yang deras.

Selain berarung jeram atau rafting, terdapat banyak fasilitas bagi pengunjung di Kasembon. Di antaranya adalah outbond training (team building), flying fox, airsoftgunt dan paintball, camping atau berkemah, offroad, trail, sepeda gunung, hingga corporate gathering untuk keluarga. Bagi Anda yang masih ingin berlama-lama di kawasan wisata ini, tak perlu khawatir. Sebab di Kasembon Rafting terdapat fasilitas penginapan berupa rumah sawah dengan tarif Rp 75.000 per orang dan toko souvenir yang menarik.
Wisatawan yang berkunjung ke Kasembon Rafting ini tidak hanya domestik namun juga turis mancanegara. Kunjungan paling ramai biasanya terjadi pada bulan Mei hingga September, karena pada bulan-bulan tersebut masuk musim kemarau. Sedangkan pada Oktober–Maret kunjungan cenderung sepi, karena musim hujan.

Akses untuk mencapai obyek wisata Kasembon Rafting tidak terlalu sulit. Dari Kota Malang Anda bisa melalui Kota Batu— Pujon — Selorejo — Ngantang — Base camp Kasembon Rafting. Atau jika dari Kota Kediri, pengunjung bisa menuju arah timur melewati Kota Pare — Kandangan — Kasembon. Bila dari Surabaya berjarak sekitar 125 km, rutenya melewati Krian — Mojokerto — Mojoagung — Ngoro (Jombang) — Kandangan — Base camp Kasembon Rafting.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kasembon Rafting"

Post a Comment